1 Muharram 1439 H, BPBD Pacitan turut berpartisipasi dalam kegiatan Srono Jolo

Dalam rangka menyambut tahun baru islam atau tahun hijriyah (1 Muharram 1439 H), beberapa daerah maupun komunitas menyambut dengan beragam acara dan kegiatan. Salah satunya adalah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Srono Jolo yang mengadakan kegiatan lomba menjaring ikan secara tradisional pada kamis 21 September 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Kab. Pacitan Ronny Wahyono, Kepala Dinas Perikanan Yunus Hariyadi, Kepala UPT P2SKPT Pacitan Ninik Setyorini dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Tri Mudjiharto. Acara dibuka oleh Bupati Pacitan, Indartato. Dalam sambutannya mengatakan bahwa,“ Kita harus selalu menjaga ekosistem yang ada baik di perairan sungai maupun laut. Selain itu dalam menangkap ikan dilarang menggunakan potas, racun, bahan peledak dan sebagainya yang dapat mencemari ekosistem terumbu karang dan juga mematikan organisme yang tidak menjadi sasaran,” Tidak lupa, selalu mengkampayekan ”Stop Illegal Fishing”.

KUB Srono Jolo merupakan suatu komunitas yang terdiri dari nelayan di wilayah teluk Pacitan. Kegiatan yang bertempat di Pantai Pancer Door ini, diikuti oleh ratusan nelayan lokal. Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan dengan maksud untuk memperluas jejaring komunitas dalam kaitannya dengan gerakan pengurangan risiko bencana (PRB) khususnya kegiatan sekolah laut.