APEL 1000 RELAWAN SUNGAI, PEMBUKAAN SEKOLAH SUNGAI DALAM UPAYA PENGURANGAN RESIKO BENCANA

Pacitan, 12 Nopember 2016 BPBD Kabupaten Pacitan mengadakan kegiatan puncak pengembangan dan pengelolaan komunitas sekolah sungai. Dalam kegiatan ini kabupaten pacitan ada beberapa desa yang ditunjuk sebagai lokasi pengembangan dan pengelolaan komunitas sungai, desa-desa tersebut merupakan desa yang dilewati aliran sungai besar grindulu yaitu desa Pagutan, desa Tanjungsari, desa Purworejo, desa Sirnoboyo, dan desa Kembang. Sedangkan untuk 1(satu) desa ini merupakan desa disebelah Timur kota Pacitan yaitu desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.

 Desa Sidomulyo merupakan  desa yang mempunyai banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan untuk menjadi desa percontohan di Kabupaten Pacitan. Dalam kegiatan puncak diSidomulyo kegiatan “Pengembangan dan Pengelolaan Komunitas Sungai”  banyak kegiatan pendukung yaitu Apel 1000 relawan sungai, Susur sungai Sidomulyo, Pencanagan rambu larangan sungai, Penebaran benih ikan, Penanaman tanaman temulawak dan nanas. Kegiatan tersebut banyak yang hadir dan mendukung antara lain Dr. Raditya Jati, S.Si,M.Si Kasubdit PRB BNPB, Ibu Bupati, Bapak dan Ibu Sekda Kabupaten Pacitan, Bapak dan Ibu Ketua DPRD Kabupaten Pacitan, Ndanramil Ngadirojo, Kapolsek Ngadirojo dan beberapa SKPD terkait di Kabupaten Pacitan dan juga masyarakat desa sidolmulyo dan perwakilan desa di Kabupaten Pacitan.

Salah satu kutipan pidato Dr. Raditya Jati, S.Si,M.Si Kasubdit PRB BNPB bahwa pengurangan risiko bencana tanah longsor dan banjir yaitu dengan pembersihan sungai serta penanaman pohon yang bisa menyerap air. selain itu juga Drs Suko Wiyono MM Sekda Kabupaten Pacitan menyematkan selendang “Srikandi Sungai” diharapkan bisa mendorong dan mempelopori dan menjaga sungai beserta ekosistemnya. Tamu undangan juga disuguh seni budaya tari jangkrink genggong.

Kegiatan puncak komunitas sungai ini diharapkan menjadi desa percontohan dari desa-desa di Kabupaten Pacitan yang dilewati oleh aliran sungai supaya bisa melestarikan sungai, menjaga ekosistem sungai dan tentunya menjadi wisata sungai yang menyajikan pemandangan alam sungai dan ekosistem yang masih alami.(ars)