MPLS TAHUN AJARAN BARU 2019/2020, BPBD PACITAN KENALKAN MATERI KEBENCANAAN

PACITAN – Rabu, 17 Juli 2019 berkaitan dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang dikenal sekarang dengan sebutan MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020, beberapa sekolah mengadakan kegiatan sosialisasi kebencanaan. Kegiatan ini dilaksanakan karena sebagian besar wilayah di Kabupaten Pacitan merupakan area rawan bencana baik Bencana Gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor dan lain-lain. Selain itu anak merupakan kelompok rentan yang mempunyai hak untuk selamat, salah satunya melalui pendidikan kebencanaan.

Sebanyak 460 siswa MIN 3 Pacitan mengikuti simulasi gempa bumi dan tsunami yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Selain itu juga 257 siswa baru SMPN 1 Pacitan, 382 siswa baru SMA Negeri 1 Pacitan dan 94 siswa baru SMK Negeri 2 Donorojo mengikuti kegiatan sosialisasi mitigasi kebencanaan.

Pemateri dalam kegiatan ini yaitu Diannitta Agustinawati, Moh. Arif Setiyadi dan Muhammad Rosyid dari BPBD Pacitan. Dalam kegiatan ini siswa dikenalkan potensi bencana yang ada di Indonesia terutama di daerah Kabupaten Pacitan. Siswa baru juga dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara mengurangi risiko bencana dan tips penyelamatan seperti mempersiapkan tas siaga bencana.

Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat serta dapat menjadi bagian dari #penguranganrisikobencana. Selain itu acara ini berbarengan dengan kegiatan #ekspedisidestanatsunami yang akan berlangsung di Kabupaten Pacitan selama 2 hari yaitu 22 hingga 23 Juli 2019. (psdtn)