BINA MITIGASI PDPT KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

pdpt tendaBPBD Pacitan, 23 Oktober 2013 Pelatihan pendirian tenda lapangan bagi para relawan penanggulangan bencana dengan Program PDPT khususnya bina mitigasi bencana adalah salah satu bina yang ada pada program PDPT tersebut, dengan Program PDPT Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) secara bertahap telah melakukan intervensi terhadap penguatan ekonomi masyarakat pesisir dan ketahanan desa terhadap bencana. Dengan posisi Indonesia yang berada di kawasan cincin api (ring of fire) .

Berdasarkan realitas tersebut, program PDPT menitikberatkan pada upaya integrasi pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur wilayah pesisir serta mendukung pembangunan iklim usaha ekonomi produktif. “Artinya program PDPT ini, bermuara pada pengentasan kemiskinan, keberlanjutan kelembagaan masyarakat, kelestarian lingkungan, kemandirian keuangan desa, siaga terhadap bencana serta perubahan  iklim,” imbuhnya .

Adapun dari 16 kabupaten yang  mendapat sentuhan program PDPT, yakni, Kabupaten Asahan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kaur, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Banjar, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Parigi Moutong, Kota Bau-Bau, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Teluk Wondama .

Program PDPT di Kabupaten Pacitan ada pada desa / kelurahan pesisir yaitu Desa Kembang, Desa Sirnoboyo dan Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan .