BPBD KAB MAGELANG BERKUNJUNG KE BPBD PACITAN

img_0838

14-Sept, Dalam rangka mewujudkan kota tangguh bencana, BNPB melaksanakan program LGSAT kepada beberapa kota/kabupaten melalui BPBD. Kabupaten Pacitan salah satunya sebagai salah satu yang telah melaksanakan program tersebut. LGSAT (Local Goverment Self Assessment Tools) sendiri merupakan program yang ditujukan agar setiap daerah mampu mengevaluasi kapasitas, kerentanan, serta potensi bencana wilayahnya masing-masing. Program tersebut melibatkan berbagai unsur SKPD yang berkepentingan dalam penanggulangan bencana khususnya pada pencegahan dan kesiapsiagaan. suatu kota akan dikatakan aman dari bencana jika pada tahap perencanaan pembangunan sudah melalui kajian resiko bencana.

Kunjungan kerja dihadiri oleh PJOK Mulyanto, Kepala Sekretariat Ratna Yulianty, serta Kasi Kedaruratan Didik Wahyu Nugroho dari BPBD Kab Magelang. Disambut oleh Kepala Pelaksana Tri Mudjiharto, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Ratna Budiono beserta staf Dianita A dari BPBD Pacitan.

BPBD Kab Magelang pada kunjungan ini melakukan berbagai studi baik secara teknis maupun administrasi terkait program LGSAT tersebut, karena BPBD Pacitan yang salah satunya telah berhasil melaksanakannya. Dengan kunjungan tersebut diharapkan nantinya setiap BPBD dapat melaksanakan dan mewujudkan penilaian mandiri bagi kota yang aman dan tangguh terhadap ancaman bencana.