BPBD Pacitan Gelar Diskusi Publik Pengurangan Risiko Bencana

PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan kegiatan diskusi publik  dengan Tema “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam rangka Gerakan Pengurangan Risiko Bencana melalui Sekolah Laut” pada Jum’at malam tanggal 3 Nopember 2017 bertempat di pendopo Kabupaten Pacitan.

Narasumber dalam acara Diskusi Publik adalah Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si selaku Guru Besar Manajemen Bencana Universitas Pertahanan (UNHAN) dengan moderator Dr. Hendro Wardono, M.Si selaku fasilitator nasional. Dalam acara ini, Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si menyebut ratusan daerah di Indonesia masuk kategori rawan bencana alam. Daerah rawan bencana tersebut terbagi menjadi rawan gempa bumi, tsunami, erupsi gunung api, banjir dan tanah longsor. Berdasarkan peta bahaya gempa bumi di Indonesia terdapat 218,2 juta penduduk terpapar oleh bahaya sedang-tinggi yang tersebar di 411 Kabupaten/kota. Selain itu terdapat juga 4,8 juta penduduk terpapar oleh bahaya sedang-tinggi dari tsunami yang tersebar di 200 Kabupaten/kota. Indonesia adalah negara tertinggi di dunia yang memiliki jumlah penduduk terpapar tsunami.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya antisipasi apabila bencana terjadi sehingga dapat meminimalisir korban akibat bencana dalam rangka mencegah dan menghindari berbagai bencana. Selain itu, diperlukan adanya kerjasama antara pemerintah, swasta dan masyarakat/komunitas secara terpadu dan terkoordinasi sehingga penanganan bencana dapat dilaksanakan secara maksimal dengan adanya gerakan pengurangan risiko bencana.

Acara yang diikuti sebanyak 50 peserta ini juga dihadiri oleh Indartarto Bupati Pacitan, Yudhi Sumbogo Wabup Pacitan, Pingki Hidayati Kasi Pencengahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jatim, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang Dandim 0801/ Pacitan, Suko Wiyono Sekda Pacitan. Kemudian Tri Mujdiharto Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Kapten Inf Arif W J Danramil 0801/01 Kota, Wasi Prayitno Kadishub Pacitan, Pamuji Kepala Dinas Pertanian, Ratna Budiono Sekertaris BPBD Pacitan, Pujono Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan serta Diannitta Agustinawati Kasi Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Pacitan. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan foto bersama Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si.