BPBD Pacitan Menjadi Narasumber Dalam Diklat Internal Disaster Plan, RSUD dr. DARSONO Pacitan

PACITAN – Dalam rangka memahami betapa pentingnya jaminan keamanan, keselamatan bagi seluruh pengguna Rumah Sakit termasuk karyawan/petugas RSUD dr Darsono dan meminimalisir kecelakaan kerja serta penanganan musibah massal yang mungkin terjadi baik musibah dalam Rumah Sakit maupun diluar Rumah Sakit, maka Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Darsono Kabupaten Pacitan mengadakan sosialisasi sekaligus simulasi penanganan kedaruratan penanggulangan bencana gempa bumi dengan tema Diklat Internal Disaster Plan pada Kamis, 4 Juli 2019.

Acara yang bertempat di ruang pertemuan lantai III RSUD dr Darsono ini dibuka oleh Perwakilan Direktur RSUD dr Darsono, Fira Anggraini, SKM. Diikuti sebanyak 70 peserta berasal dari management, dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, security, radiografer, analis, nutrisionis, elektromedis, kesehatan lingkungan, apoteker dan petugas koperasi. Pemateri dalam kegiatan ini adalah tim dari BPBD Kabupaten Pacitan.

BPBD Kabupaten Pacitan menjadi narasumber dalam kegiatan ini dengan serangkaian acara antara lain sosialisasi bertema kebencanaan, pembuatan peta dan jalur evakuasi serta tips penyelamatan disertai dengan praktek-praktek penyelamatan saat terjadi bencana gempa bumi. Kegiatan Diklat Internal Disaster Plan ditutup dengan simulasi bencana gempa bumi, para peserta melakukan simulasi seakan-akan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan besar. Setelah gempa bumi mereda, para peserta berkumpul di titik kumpul yang telah disepakati sebelumnya yaitu di halaman depan kantor management RSUD dr Darsono.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang penanganan bencana (Disaster Plan) karyawan RSUD dr. Darsono dan meningkatkan kesiapsiagaan pada saat terjadi bencana sehingga mampu melaksanakan langkah penyelamatan jiwa, aset dan penyelamatan dirinya sendiri serta meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD dr. Darsono. (psdtn)