BUPATI PACITAN BERSAMA BPBD DISTRIBUSIKAN BANTUAN AIR BERSIH

Musim kemarau atau disebut juga musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipengaruhi oleh sistem muson. Pada musim ini, permasalahan yang sering terjadi adalah kekeringan. Bencana kekeringan menyebabkan krisis air bersih yang membuat masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya memasak dan minum di beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan khususnya Kecamatan Kebonagung dan Kecamatan Bandar.

Upaya pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan dalam mengatasi krisis air bersih salah satunya dengan distribusi air bersih. Seperti yang dilakukan oleh Bupati Pacitan, Indartato di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung. Bupati Pacitan, Indartato membantu mendistribusikan air bersih ke wilayah Kecamatan Kebonagung pada Kamis, 21 September 2017. Selain ke Kecamatan Kebonagung, Bupati Pacitan juga membantu mendistribusikan air bersih ke Desa Petung Sinarang Kecamatan Bandar pada Minggu, 24 September 2017. Didampingi istri, Luki Indartato dalam rombongan tersebut juga diikuti pejabat pemda lainnya seperti Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan istrinya serta Sekretaris Daerah Suko Wiyono dan istrinya.

Tak hanya membagikan air bersih, bupati dan rombongan lantas mendatangi sumber air bersih Nginuman di desa setempat. Keberadaan sumber air tersebut cukup vital sebagai pemasok air baku untuk masyarakat di desa tersebut. Distribusi air bersih tidak hanya di Desa Kalipelus Kecamatan Pacitan dan Desa Petung Sinarang Kecamatan Bandar tetapi ke seluruh wilayah di Kabupaten Pacitan khususnya yang termasuk dalam kategori III/Kering kristis. Diharapakan distribusi air bersih dapat mengurangi beban masyarakat.