EDUKASI BENCANA di SD NEGERI KEMBANG

Pacitan – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama BPBD mengadakan kegiatan edukasi bencana di salah satu sekolah yang lokasinya merupakan daerah rawan bencana khususnya bencana gempabumi dan tsunami yaitu di SD Negeri Kembang pada Sabtu, 22 Oktober 2016.

img_4811

Kegiatan edukasi bencana diikuti sebanyak 127 siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 serta para pengajar sebanyak 15 guru. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas guru, kelas 1-3 dan kelas 4-6 yang tiap kelas didampingi oleh fasilitator. Fasilitator mengajak anak-anak untuk melihat film pendek tentang gempabumi dan tsunami kemudian melakukan tanya jawab sambil memberikan kuis. Siswa siswi juga mendapatkan sebuah buku tentang kewaspadaan terhadap bencana antara lain waspada tanah longsor, waspada banjir dan lainnya.

img_1035 img_1028

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan kegiatan edukasi bencana bagi lingkungan sekolah, baik sekolah dasar hingga sekolah menengah atas rutin setiap tahun. Dalam kegiatan ini diharapkan anak-anak dan guru menjadi sadar akan bencana dan mengetahui tanda-tanda serta langkah yang harus dilakukan saat bencana. Selain itu, Guru mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai bencana khususnya bencana tsunami dan gempabumi yang nantinya dapat membimbing anak didik pada saat bencana terjadi.“Harapan kami program SMAB ini tidak hanya berhenti disini dan tahun depan bisa ada lagi dan SDN Kembang bisa menjadi sasaran SMAB selanjutnya,”Jelas Tri Mudjiharto, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan.