EKSPEDISI DESTANA TSUNAMI 2019 SEGMEN PACITAN

Pacitan- Rombongan tim ekspedisi Destana Tsunami 2019 dari kabupaten Trenggalek tiba di perbatasan Trenggalek-Pacitan, tepatnya di Cagak Telu Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro Pacitan. Sekaligus penyerahan pataka ekspedisi destana tsunami dari kabupaten trenggalek ke kabupaten pacitan sebagai simbol di bukanya ekspedisi destana tsunami di Pacitan yang merupakan lokasi terakhir ekspedisi destana di jawa timur sebelum menuju provinsi jawa tengah dan DIY, jawa barat maupun Banten.Kegiatan ini di buka pada tanggal 21 Juli 2019  dan di tutup pada tanggal 24 Juli 2019 di Lapangan desa Cemeng, Kecamatan Donorojo.

Ekspedisi destana tsunami pacitan di bagi menjadi 2 segmen yaitu segmen 1 di lapangan desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo dan segmen 2 di Bumi Perkemahan Pancer Door. Beberapa kegiatan yang diagendakan diataranya;

  • Penguatan aparatur desa dan kecamatan serta BABINSA / BABINAMTIBMAS terkait desa tangguh bencana,
  • Relawan Goes to School
  • Penilaian ketangguhan desa,
  • Penanaman Vegetasi perlindungan pantai,
  • Pemasangan papan informasi bencana
  • Demo Vertical Rescue oleh TRC BPBD Pacitan
  • Cangkrukan bersama komunitas srono jolo, Pacitan surfing club dan HNSI
  • Panggung Ekspedisi/ Hiburan diantaranya: Fragmen gempa tsunami oleh karang taruna desa hadiwarno, Beberan simulasi kebencanaan oleh desa Sirnoboyo, Pagelaran Wayang Beber yang bertemakan kebencanaan oleh relawan MDMC, Kesenian reog dan tari “sejatine maruti”.

Kegiatan ini di hadiri oleh Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB Lilik Kurniawan, Kasubdit Peran Masyarakat BNPB Drs Pangarso Suryotomo, Bupati Pacitan Indartato, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Staf Ahli Bupati Pacitan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Tri Mudjiharto, Komandan Kodim 0801 Aristoteles, beberapa kepala OPD, relawan, akademisi dan perwakilan  27 desa pesisir di kabupaten Pacitan.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu menginformasikan potensi ancaman gempa bumi dan tsunami pada aparat dan masyarakat yang tinggal di kawasan rawan tsunami, melakukan identifikasi awal ketangguhan desa rawan tsunami dengan melibatkan unsur pentahelix diataranya; pemerintah, masyarakat, lembaga usaha, akademisi dan media massa serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat salah satunya melalui penanaman vegetasi di kawasan pesisir pantai. Psdtn