GERAKAN PEDULI MITIGAS BENCANA MELALUI PENGHIJAUAN/PENANAMAN BIBIT POHON

Pacitan – Dalam rangka menggelorakan gerakan penghijauan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan ikut serta melakukan penanaman pohon bersama Kodim 0801 Pacitan di Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan pada Kamis 16 Januari 2020.
Kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kodam V Brawijaya Tahun 2020. Bentuk kerjasama ini melalui sebuah gerakan penghijauan yaitu penanaman pohon. Jenis bibit pohon yang ditanam adalah Pohon Mahoni. Jumlah Pohon Mahoni yang ditanam sebanyak 620 pohon dengan tinggi ±1 meter. Pohon Mahoni ini direncanakan akan ditanam di ruas kanan dan kiri Jalan Provinsi serta Jalan Nasional.
Pohon Mahoni dikenal sebagai pohon dengan berjuta manfaat. Diantaranya Pohon Mahoni merupakan tanaman yang selalu hijau, tahan hidup ditanah gersang dan termasuk kategori tumbuhan yang dapat tumbuh dimana saja secara cepat. Selain itu daun Pohon Mahoni mampu menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan udara, Hal ini dapat menjadi alasan mengapa Pohon Mahoni sering ditanam di pinggir jalan raya dan juga dapat menjadi tempat berteduh dari cuaca panas.
Melalui kegiatan penghijauan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap lingkungan khususnya kelangsungan sumber daya air dan dapat menyeimbangkan alam ekologi yang ada melalui penanaman pohon yang memiliki banyak fungsi serta sebagai keindahan dan kerindangan.