HUJAN DERAS, SEJUMLAH WILAYAH DI KAB PACITAN ALAMI BANJIR DAN TANAH LONGSOR

Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi diseluruh wilayah Kabupaten Pacitan pada tanggal 06/03/2019 mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah yaitu Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Tegalombo, Kecamatan Arjosari dan Kecamatan Pacitan.

Kejadian banjir dan tanah longsor disebabkan curah hujan yang tinggi sejak mulai pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan intensitas bervariasi mulai dari ringan hingga tinggi. Dampak dari kejadian ini yaitu terjadinya tanah longsor yang menyebabkan akses jalan dari Kabupaten Pacitan menuju Kabupaten Ponorogo dan sebaliknya sempat ditutup total. Selain itu ada banyak titik longsor yang menimpa rumah warga di beberapa kecamatan yang mengakibatkan 3 korban mengalami luka-luka. Selain itu juga, banjir terjadi di beberapa wilayah diantaranya Kecamatan Arjosari terdapat 11 desa tergenang banjir dan Kecamatan Pacitan terdapat 4 desa dan 1 kelurahan.

Upaya yang telah dilakukan TRC BPBD Pacitan bersama pemerintah kecamatan, pemerintah desa, TNI, POLRI, dan relawan melakukan evakuasi warga. Pada Kamis, 7 Maret 2019 Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan melakukan pembersihan material lumpur akibat banjir diantaranya di Desa Pagutan Kecamatan Arjosari, Desa Gembong Kecamatan Arjosari, dan desa terdampak lainnya. Selain itu, tim juga melakukan pembersihan material longsoran di jalur Pacitan-Ponorogo.

Dengan adanya kejadian ini Bupati Pacitan Indartato didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretariat Daerah Kab. Pacitan Suko Wiyono dan OPD terkait meninjau langsung ke lokasi terdampak banjir dan tanah longsor di Kecamatan Arjosari sekaligus megunjungi para korban dan menyerahkan bantuan sementara.(dhenis)