Kades Sidomulyo : Kami Siap Menjadi Desa Tangguh Bencana

PACITAN – Berdampingan dengan potensi bencana adalah kebiasaan penduduk warga Desa Sidomulyo Kecamatan Ngdirojo Kabupaten Pacitan. daerah yang terletak di pinggir samudera Indonesia (Pesisir laut selatan)adalah daerah dengan rawan bencana gempa bumi dan tsunami, ditambah lagi dengan aliran sungai yang membentang serta deretan lereng gunung dan lembah membuat Sidomulyo menjadi daerah yang juga rawan akan longsor dan banjir.

keadaan seperti ini tidak lantas membuat warga desa berkecil hati, kekurangan yang ada mereka sulap menjadi satu kekuatan yang besar untuk bisa bangkit menjadi tangguh ,tidak pasrah pada keadaan. berbekal pengetahuan lingkungan terkait bencana alam yang selama ini didapat dari Badan Penanggulanangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan serta kearifan lokal, penduduk desa Sidomulyo dibawah pimpinan kepala desa Hanggono Suryo Wibowo , menjadi bangkit dan siap menjadi desa yang mandiri dan tangguh terhadap bencana.

Sifat bijak serta pengetahuan turun temurun terhadap lingkungan menjadikan Desa Sidomulyo mem punyai sistem mitigasi bencana yang cukup memadai,salah satunya dengan pembentukan relawan tangguh bencana. sinergisitas antara pemerintah desa, badan usaha, dan masyarakat menciptakan kekuatan yang cukup mengakar di setiap masyarakat. pemahaman terhadap pengurangan resiko bencana menjadi program terpadu yang melibatkan semua unsur masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani.

Berbagai kegiatan nyata telah dilakukan, baik sosialisasi disemua  tingkatan masyarakat,serta simulasi penanganan bencana dengan melibatkan semua warga di daerah rawan. harapannya, akan terbangun kesiagaan sekaligus meningkatkan  ketangguhan dalam menghadapi bencana. Disetiap kegiatan  desa, informasi kebencanaan juga dilakukan . Penanganan sistem kebencanaan merupakan tangung jawab semua pihak , termasuk pemerintah. Pengurangan resiko bencana tidak berdiri sendiri, melainkan keterpaduan baik dibidang infrastruktur,sosial, kesehatan, keamanan ,dan unsur pendukung  lainnya.

Dalam hal regulasi, pengurangan resiko bencana merupakan salah satu faktor yang tertuang dalam penyusunan rencana pembangunan desa. kebijakan itu dituangkan dalam  sejumlah surat keputusan desa yang dijadikan dasar sekaligus panduan kegiatan dalam melakukan aktifitas pengurangan resiko bencana. Tidak ada yang mengharapkan  bencana terjadi, namun jika alam berkehendak tidak ada pula yang bisa menolak .kesiagaan adalah cara yang efektif untuk meminimalisir resiko, dan Desa sidomulyo telah siap untuk menjadi desa yang tangguh Bencana.(posko1)