Kesiapsiagaan Bencana Dimulai Sejak Dini – HKBN 2019

Menumbuhkan semangat #SiapUntukSelamat merupakan salah satu agenda dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2019. BNPB menginisiasi pencanangan HKBN diperingati pada setiap 26 April. Kesiapsiagaan sangat penting bagi setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Sebagai kelompok rentan, upaya kesiapsiagaan yang dilakukan pada hari tersebut menjadi investasi yang sangat bernilai.
Dalam rangka peringatan HKBN 2019, BPBD Pacitan bersama BA Aisyiyah Baleharjo menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Bencana dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi. Selain sebagai peringatan HKBN, kegiatan ini ditujukan untuk progam pembelajaran serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi seluruh siswa-siswi BA Aisyiyah Baleharjo. Seluruh warga sekolah dipandu dari BPBD Pacitan melakukan simulasi bencana gempa bumi dan cara menyelamatkan diri. Adapun sosialisasi bencana dilaksanakan tanggal 23 April 2019 dan simulasi bencana gempa bumi pada tanggal 25 April 2019.

Sosialisasi dan simulasi diberikan untuk memantapkan mereka ketika terjadi bencana gempa yang tidak dapat diprediksi dikarena dari segi geografi memang berpotensi bencana gempa. Upaya penanganan bencana pada saat ini, mengalami perubahan paradigma maupun tindakan, yaitu dengan menitik beratkan pada partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Jadi masyarakat bukan hanya sekedar menjadi korban/objek dari bencana namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini siswa siswi dan guru memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana sehingga mampu menyelamatkan diri sendiri, keluarga, maupun orang-orang disekitarnya. Kegiatan ini di ikuti kurang lebih 115 siswa siswi BA Aisyiyah dan 15 guru pengajar.