KUNJUNGAN BUPATI PACITAN KE KANTOR BPBD KABUPATEN PACITAN

Kamis, (10-01-2019) Bupati Pacitan Indartato melakukan kunjungan serta koordinasi ke BPBD Kab. Pacitan. kunjungan ini dilakukan untuk mngetahui upaya yang telah dilakukan BPBD dalam melakukan mitigasi bencana khususnya gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Pacitan

Paparan singkat oleh Diannitta Agustinawati selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan tentang upaya mitigasi gempa bumi dan tsunami yang telah dilakukan oleh BPBD mengingat 27 desa dan kelurahan berada di daerah pesisir yang merupakan zona merah ancaman bencana gempa bumi dan tsunami.

Dengan besarnya potensi bencana yang ada di Pacitan, mitigasi yang telah di lakukan BPBD Pacitan diantaranya adalah :

1. Pemasangan 198 unit rambu evakuasi dan titik kumpul.

2. Pemasangan 15 TEWS.

3. Sosialisasi gempa bumi dan tsunami di sekolah dan masyarakat.

4. Program Sekolah Madrasah Aman Bencana.

5. Program Sekolah Laut.

6. Program Desa Tangguh Bencana gempa bumi dan tsunami.

7. Penambahan kawasan greenbelt pantai.

8. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia Internal BPBD.

9. Pelatihan relawan Kelurahan Tangguh Bencana (Ploso dan Sidoarjo).

BPBD terus berupaya menambah jumlah rambu evakuasi maupun sistem peringatan dini di lokasi wisata pantai yang mempunyai banyak pengunjung, penerapan SMAB di bidang pendidikan kepada sekolah-sekolah yang mempunyai ancaman bencana karena anak-anak termasuk dalam golongan rentan.

Menindaklanjuti dengan apa yang diharapkan BPBD, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan akan berkoordinasi dengan Dinas Terkait dalam upaya mitigasi bencana disemua wilayah yang mempunyai potensi ancaman bencana di Kabupaten Pacitan.