KUNJUNGAN KERJA TIM DOKTER BNPB DALAM RANGKA PEMANTAUAN KLB HEPATITIS A DI PACITAN

Dengan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A yang terjadi di di wilayah ujung timur Pacitan, Tim dokter BNPB mengunjungi kabupaten Pacitan untuk mengetahui faktor penyebab adanya virus Hepatitis A yang terjadi di kabupaten Pacitan, tepatnya pada hari minggu tanggal 07 Juli 2019 di Kecamatan Sudimoro.

Sebelum berkunjung ke lokasi kejadian, 4 anggota Tim Dokter BNPB mengunjungi Kantor BPBD Pacitan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bidang Pengairan untuk mencari data dan fakta dan kolaborasi terkait KLB Hepatitis A di Pacitan. Kemudian dilanjutkan dengan survey lapangan  yang didampingi oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan  BPBD Kabupaten Pacitan, Diannitta Agustinawati ke  Puskesmas Sudimoro untuk mencari data dan berkolaborasi serta  mengambil sample dari 2 sumber mata air yang dikonsumsi oleh warga sekitar. Selain itu Tim juga melakukan survey ke lokasi ekspedisi destana tsunami di lapangan desa Hadiwarno dan pantai Taman Hadiwarno yang akan dilakukan pada tanggal 21-24 Juli 2019.

Setelah adanya pencarian data dan pengambilan sample air ini diharapkan faktor utama penyebab penyebaran virus Hepatitis A yang terjadi di Kabupaten Pacitan segera teridentifikasi dan dapat memutuskan rantai penyebaran virus ini. Serta kegiatan Ekspedisi Destana bisa berjalan dengan lancar dan aman tanpa takut dengan adanya virus Hepatitis A. Psdtn