LATIHAN GLADI POSKO I KODIM 0801 PACITAN

f267559f-73df-4cd9-b125-27bbbd416063

IMG_2122

PACITAN – Bertempat di Makodim 0801 Pacitan, Ratna Budiono selaku Sekretaris BPBD Pacitan berserta Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Diannitta Agustinawati menghadiri Kegiatan Latihan Gladi Posko I yang di selenggarakan oleh Kodim 0801 Kabupaten Pacitan. Acara yang di hadiri oleh 15 Forpimda ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi antar pemangku kepentingan di daerah khususnya Kabupaten Pacitan dalam hal menghadapi kondisi darurat bencana.

IMG_2125

IMG_2124

Adapun beberapa hal yang ingin di perkuat oleh Kodim 0801 pacitan yaitu mengenai tindakan / operasi di lapangan saat terjadi bencana yang sesuai bidang dan keahlian masing-masing SKPD dan Forpimda yang ada di kabupaten pacitan termasuk BPBD. Salah satu bencana yang turut di simulasikan yaitu bencana Gempa dan Tsunami, BMKG selaku badan yang memberikan informasi peringatan dini gempa dan tsunami yang di sampaikan melalui BPBD menjadi perhatian khusus bagi KODIM 0801 Pacitan dimana efektifitas waktu penyampaian informasi hingga ke daerah yang terdampak bencana nantinya menentukan prioritas operasi yang akan di lakukan masing-masing personil yang di terjunkan pada wilayah zona merah tsunami di pacitan. Sisi Kesehatan dan Sosial juga turut masuk dalam bagian simulasi ini, kesiapsiagaan dari kedua point tersebut cukup vital di saat bencana terjadi, serta Logistik yang di harapkan mampu menopang kebutuhan dari masyarakat di saat bencana terjadi hingga pasca bencana.

Acara yang akan di selenggarakan selama 3 hari ini di harapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan Pemerintah, Aparatur TNI dan Polri serta masyarakat dalam menanggulangi bencana di Kabupaten Pacitan.