LOMBA DESTANA 2018 DESA NGUMBUL KEC. TULAKAN TINGKAT PRATAMA

Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mendapat perhatian oleh BPBD Provinsi Jawa Timur. Sesuai isi surat BPBD Jatim, Kabupaten Pacitan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana tingkat pratama Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan memilih Desa Ngumbul Kecamatan Tulakan untuk mewakili Kabupaten Pacitan dalam pelaksanaan lomba Destana tersebut.
Tim Penilai dari BPBD Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bambang Agus Legowo datang ke Desa Ngumbul Kecamatan Tulakan pada Kamis, 9 Agustus 2018. Nantinya tim penilai akan berbagi tugas dalam melakukan penilaian. Terdapat beberapa aspek yang dinilai dalam perlombaan ini diantaranya dari segi administrasi, segi lapangan dengan cara menanyakan secara langsung kepada masyarakat secara acak dan penilaian sarana dan prasarana (sarpras) berupa jalur evakuasi dan titik kumpul bencana.
Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Suko Wiyono yang memberikan sambutannya mewakili Bupati Pacitan yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya disampaikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Ngumbul dalam menghadapi resiko kebencanaan harus terus terpupuk. Selain itu turut hadir Kepala Seksi Pencegahan BPBD Provinsi Jatim Misdarno, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jatim Pinky Hidayati, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Windarto, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Diannitta Agustinawati, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Pujono.
Dalam kegiatan penilaian lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana ini terdapat beberapa agenda kegiatan diantaranya pameran produk UKM oleh tim PKK Desa Ngumbul, Lomba mewarnai untuk tingkat Paud/TK dan SD bertemakan bencana, Simulasi kebencanaan dengan bencana tanah longsor dan pentas seni dari warga Desa Ngumbul Kecamatan Tulakan.
Tujuan dalam perlombaan Destana ini tidak hanya mencari kemenangan saja tetapi untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat selain dengan cara sosialisasi dan simulasi.(mrp)