Pemantapan Pembekalan Mahasiswa KKN

 

Pacitan, 26 Mei 2016. Dalam rangka Pemantapan Pembekalan Mahasiswa yang mengikuti KKN-PPM, STKIP PGRI Pacitan mengundang BPBD Kabupaten Pacitan sebagai narasumber dalam Pengenalan Bencana di Wilayah Pacitan dan Mitigasi Bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Tri Mudjiharto, S.Sos, MM menjelaskan tentang 11 macam ancaman bencana di kabupaten pacitan, salah satunya yaitu Gempa Bumi dan Tsunami. Secara Geografis pulau jawa terletak di pertemuan 2 lempeng benua lempeng tersebut bersifat dinamis yang di sebut Zona Subduksi dan berakibat sering terjadinya gempa bumi di wilayah selatan pulau jawa termasuk wilayah pacitan. Bencana Tsunami juga berpotensi terjadi di wilayah pacitan hal ini di lihat dari kajian dan penelitian BMKG tentang Zona Subduksi yang memungkinkan terjadinya gempa bumi dengan skala besar sehingga menimbulkan gelombang air laut yang cukup tinggi kemudian bergerak menuju ke daratan terdekat yang di sebut Tsunami.

 

Di lanjutkan dengan Mitigasi Bencana atau upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana. BPBD beserta Pemerintah Daerah dan di dukung oleh Pihak Swasta dan Masyarakat berusaha menciptakan sinergi yang kuat dalam upaya penanggulangan bencana, mulai dari Pra Bencana, Saat Bencana, dan Pasca Bencana.

Harapan Beliau kepada para mahasiswa selain memahami apa itu bencana beserta potensinya, juga mampu ikut membantu dalam hal Penanggulangan Bencana di Kabupaten Pacitan.