PENGUKUHAN TIM SIAGA BENCANA PPNI Kab. PACITAN

PACITAN – Bencana adalah sesuatu yang tidak diinginkan, tetapi keberadaannya haruslah selalu diwaspadai, dicegah dan ditangani secara bijaksana melalui program penanggulangan bencana yang terpadu. Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, yang pelaksanaannya harus terorganisir dan terkoordinir secara baik. Berdasarkan hal tersebut, PPNI Kabupaten Pacitan sebagai bagian dari elemen masyarakat yang berkomitmen peduli mengambil bagian dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana secara nasional, khususnya penanggulangan bencana di Kabupaten Pacitan membentuk Tim Siaga Bencana.

PPNI sebagai organisasi profesi yang beranggotakan seluruh perawat, membentuk tim siaga bencana dengan struktur organisasi yang berjumlah 14 orang. Pembentukan sekaligus Pengukuhan Tim Siaga Bencana dilaksanakan pada Jum’at, 8 September 2017 bertempat di Gedung Karya Dharma Pacian. Pengukuhan Tim Siaga Bencana PPNI Kabupaten Pacitan oleh Bupati Pacitan, Indartato dan turut hadir Plt Kepala Dinas Kesehatan, Eko Budiono, Direktur RSUD Pacitan, Iwan Darmawan, Kepala Pelaksana BPBD Kab Pacitan, Tri Mudjiharto, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Diannitta Agustinawati serta seluruh anggota PPNI Kab. Pacitan.

Tim Siaga Bencana PPNI ini nantinya bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kab Pacitan, OPD terkait, PMI dan relawan serta masyarakat dalam hal penanggulangan bencana. Selain Kegiatan Pengukuhan TIM Siaga Bencana juga diadakan Pelatihan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support) oleh PPNI dan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan EMT118 Surabaya. Pelatihan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support) akan dilaksanakan mulai tanggal 8 s/d 10 September 2017.

Diharapkan dengan adanya Tim Siaga Bencana PPNI Kab. Pacitan dapat memberikan bantuan dan kontribusi terbaik dalam penanggulangan korban bencana di Kabupaten Pacitan.