Penilaian Desa Gemaharjo

850614461_14510

850617200_10096

Pacitan, 26 Juli 2016. Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo mewawakili Kabupaten Pacitan dalam lomba desa dan masuk nominasi penilaian tingkat Provinsi. Dalam penilaian administrasi tahap pertama Desa yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Ponorogo sudah lolos 4 besar. Bersama Pacitan tiga kabupaten lain yang juga masuk nominasi adalah Kabupaten Bondowoso, Gresik dan Ponorogo.

851418304_139083

Penilaian dilakukan di gedung Balai Desa Gemaharjo yang dihadiri oleh Indartato selaku Bupati Pacitan, Heri Setijono selaku Camat Tegalombo serta segenap perangkat desa dan SKPD terkait. penilaian meliputi berbagai bidang antara lain administrasi, kemandirian, ketercapaian program desa, serta pelayanan desa. selain itu juga dilakukan upacara adat bersih desa yang sudah menjadi tradisi rutin. Desa gemaharjo yang terletak di dataran tinggi dimana mayoritas wilayah merupakan perbukitan tentunya tak lepas dari ancaman bencana alam. Menyikapi hal tersebut, Desa gemaharjo juga menyiapkan berbagai upaya guna mitigasi terhadap kemungkinan bencana alam khususnya Banjir dan Tanah Longsor yang kerap kali terjadi di musim hujan.

Dengan adanya lomba desa ini harapan dari Kepala Desa Gemaharjo Wahyu Pujiono dapat meningkatkan Bidang Pembangunan Desa yang saat ini sudah berjalan dengan baik serta meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya bidang peternakan sapi perah yang sejak tahun 2014 hingga sekarang masih digeluti oleh masyarakat Dusun Gayam Desa Gemaharjo dan juga Bidang Perkebunan sehingga tercipta masyarakat yang makmur dan aman dari bencana.