PENYUSUNAN DOKUMEN RENCANA KONTIJENSI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI WILAYAH PESISIR SELATAN JAWA TIMUR

Pacitan merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi gempa bumi dan tsunami tinggi di wilayah pesisir selatan Jawa Timur, Dengan latar belakang tersebut BPBD Provinsi bersama BPBD Kabupaten Pacitan Melaksanakan penyusunan dokumen rencana kontijensi penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami yang dilakukan  selama 3 hari yaitu dari tanggal  6-8 Agustus 2019 di Gedung pertemuan Kelurahan Ploso, Pacitan.

Acara ini di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono dan juga di isi oleh berbagai narasumber seperti PVMBG, BMKG, PSKBPI ITS, PK BPBD PROVINSI, dan DANDIM 0801 Pacitan. Serta  diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari lembaga organisasi pemerintahan maupun lembaga organisasi terkait.

Dokumen rencana kontijensi ini disusun sebagai pedoman penanganan bencana tsunami pada saat tanggap darurat bencana agar berlangsung cepat dan efektif serta sebagai dasar memobilisasi sumber daya para pemangku kepentingan (stakeholders) yang mengambil peran dalam penyusunan rencana kontijensi, seperti yang termaktub dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pasal 4 menyatakan bahwa penanggulangan bencana bertujuan untuk:

  1. Memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana;
  2. Menyelaraskan peraturan perundang-undangan yang sudah ada;
  3. Menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh;
  4. Menghargai budaya lokal;
  5. Membangun partisipasi dan kemitraan pulbik serta swasta;
  6. Mendorong semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kedermawanan serta;
  7. Menciptakan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Psdtn