PENYUSUNAN PROSEDUR TETAP TERPADU GEMPA TSUNAMI

IMG-20140815-WA0004BPBD Pacitan, Kabupaten Pacitan sangat rawan dengan ancaman gempa tsunami, ini di karenakan Pacitan sejajar dengan lempeng aktif dunia yaitu lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia dengan pergerakan rata-rata 6cm – 7cm / tahun dan merupakan jajaran gunung seribu di wilayah selatan pulau Jawa sekaligus merupakan supermarket bencana .
Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan baik pemerintah, swasta maupun masyarakat, Kabupaten Pacitan bersama dengan steakholder penanggulangan bencana pada tanggal 14 September 2013 di bawah koordinasi Korem 081 DSJ Madiun sedang menyusun draft prosedur tetap terpadu penanganan penanggulangan bencana gempa tsunami .
Setelah pembuatan Rencana Garis Besar (RGB) dan di setujui oleh para pemanggku kepentingan maka dibentuk tim kecil sebagai Staf Perencana Latihan dengan formasi unsur Pemerintah Kabupatenn Pacitan, unsur TNI dan Unsur POLRI .
Maksud pembuatan Prosedur Tetap Terpadu memberikan pedoman umum pelaksanaan penanggulangan bencana gempa bumi tsunami di wilayah Kabupaten Pacitan dengan tujuan, agar dalam pelaksanaan penanganan penanggulangan bencana gempa bumi tsunami dapat mencapai hasil yang optimal, efektif dan efesien . (rat)