KripigQu, hasil pemberdayaan masyarakat Dusun Ngasem Kedungbendo, BNPB BPBD

IMG_0650 Dalam rangka pelaksanaan pembinaan pendampingan Pacitan pasca bencanaekonomi di wilayah pasca bencana, BPBD Pacitan mengadakan rapat koordinasi tingkat kabupaten. Rapat ini diselenggarakan Jum’at, 19 Agustus 2016 bertempat di kantor BPBD Pacitan.

IMG_0639Kegiatan dimulai pukul 08.00 wib, dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan Suko Wiyono dan dilanjutkan Direktur pemulihan dan peningkatan sosial ekonomi deputi bidang rehabilitasi dan rekonstruksi BNPB Ir. Siswanto Budi Prasodjo, MM. Rapat Koordinasi diikuti beberapa SKPD terkait, Kelompok usaha Ngudi Santoso serta swasta sebagai pembina kelompok Ngudi Santoso.

Rapat koordinasi tingkat kabupaten ini membahas mengenai tidak lanjut bantuan hibah pasca bencana bidang sosial ekonomi. Sebelumnya diberitahukan wilayah yang mendapatkan bantuan hibah pasca bencana adalah Dusun Ngasem Desa Kedung Bendo Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Wilayah ini membentuk suatu kelompok usaha yang dinamakan Kelompok “Ngudi Santoso”. Kelompok Usaha Ngudi Santoso bergerak dalam usaha pengolahan keripik buah.

Kegiatan kelompok usaha ini telah berjalan hingga saat ini, oleh karenanya dalam rapat juga dibahas mengenai rencana aksi Masterplane Pendampingan ekonomi di wilayah pasca bencana dalam 5 tahun kedepan yaitu tahun 2016 hingga tahun 2020. Tujuan rapat koordinasi sebagai maksud mensosialisasikan rencana aksi masterplan pemulihan ekonomi di wilayah pasca bencana.

IMG_0655Harapan diselenggarakannya rapat koordinasi ini dapat membangun komitmen SKPD terkait dalam mendukung rencana aksi masterplan pemulihan ekonomi dan dukungan keberlanjutan program pembinaan pendampingan ekonomi pada tahun 2017.(pusdatin)