RAPAT LINTAS SEKTOR BERSAMA OPD DALAM RANGKA PERSIAPAN EKSPEDISI DESTANA TSUNAMI 2019

Rabu (10/07/2019) sebagai tindak lanjut dari kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami, hari ini BPBD Pacitan menggelar rapat kembali lintas sektor bersama instansi maupun organisasi terkait yang bertempat di Gedung Karya Dharma.

Acara ini dibuka langsung oleh Tri Mudjiharto, selaku staf ahli Bupati Bidang Pemerintah, Politik dan hukum, dan diikuti sejumlah 50 peserta. Nantinya kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami ini akan melibatkan peserta dari pemerintah, masyarakat, lembaga usaha, akademisi dan media massa. Setiap segmen wilayah akan target akan melibatkan sekitar 200 orang yang terdiri atas 80 orang dari unsur pusat, 75 orang dari unsur provinsi dan 45 orang dari unsur kabupaten atau kota. Aktivitas utama dalam kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami antara lain peningkatan dan penguatan aparatur desa dan kecamatan terkait Desa Tangguh Bencana. Kegiatan juga berbentuk Relawan Goes to School yang akan menurunkan para relawan, akademisi, lembaga usaha, dan media massa, melakukan sosialisasi kesiapsiagaan ancaman tsunami. Selama kegiatan ekspedisi, juga akan dilakukan penilaian ketangguhan desa terhadap bencana melalui wawancara dan pengisian kuisioner.

Hal itu bertujuan untuk mengetahui pada tahapan awal tentang tingkat ketangguhan desa menghadapi bencana, yang selanjutnya akan diperbandingkan dengan tingkat ketangguhan desa pasca pelaksanaan program ini. Meskipun melibatkan banyak pihak, Ekspedisi Destana Tsunami bukan merupakan ceremony, melainkan aksi nyata dalam melindungi masyarakat di daerah rawan tsunami tersebut. Psdtn