RAPAT PERSIAPAN EDT 2019, BPBD PACITAN BERSAMA 27 DESA PESISIR DALAM PENILAIAN KETANGGUHAN BENCANA DESA/KELURAHAN

Kamis (11/07/2019) masih dalam rangkaian persiapan Ekspedisi Destana Tsunami 2019, BPBD menggelar rapat persiapan bersama 27 desa di wilayah pesisir Kabupaten Pacitan, sekaligus mempelajari dan mengisi form penilaian ketangguhan bencana desa atau kelurahan.

Acara ini bertempat di ruang pertemuan BPBD Pacitan dan dibuka langsung oleh Diannitta Agustinawati selaku Kasi Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan. Dan diisi oleh 2 Fasislitator yaitu Diana Rendrarini dan Indar SIswoyo yang menyampaikan materi tentang Desa Tangguh Bencana dan cara mengisi form penilaian ketangguhan bencana desa/ kelurahan. Ekspedisi Destana akan memotret kesiapsiagaan dari desa-desa yang termasuk ke dalam wilayah ancaman tsunami. Sebanyak 584 desa rawan tsunami yang berada di 24 kabupaten/kota dan 5 provinsi akan dilibatkan dalam Ekspedisi.

Dengan adanya pertemuan kali ini diharapkan perangkat desa mampu memahami dan tau cara mengisi form penilaian ketangguhanan bencana desa/kelurahan sehingga tau seberapa besar ketangguhan suatu desa dalam menghadapi bencana sehingga dapat dijadikan sebagai intervensi Desa Tangguh Bencana yang sesuai dengan sasaran. Psdtn