SEBANYAK 60 PESERTA IKUTI PELATIHAN JITUPASNA BPBD KAB. PACITAN

Pacitan-Dalam rangka menyediakan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan pengkajian kebutuhan pasca bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mengadakan pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU-PASNA), Senin (7/5) bertempat di ruang pertemuan Hotel Srikandi, Jalan A. Yani No. 67A Pacitan. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 7 – 9 Mei 2018.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Drs. Windarto mengatakan, kegiatan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan kajian kebutuhan pasca bencana di lokasi bencana. Karena ketangguhan tidak hanya dibutuhkan pada saat terjadi bencana, tapi juga penanganan yang tepat dan pemulihan pasca bencana.

“Jitupasna merupakan bagian penting dari tahapan penanggulangan bencana terutama pada fase status siaga darurat ke pemulihan. Setelah kejadian bencana maka dilakukan upaya untuk menghitung kerusakan dan kerugian. Juga dilakukan penghitungan terhadap gangguan akses dan fungsi serta meningkatnya risiko yang terjadi.” Ujarnya

Tujuan setelah mengikuti kegiatan pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU-PASNA) ini  peserta diharapkan :

1.Mampu melakukan pengkajian kebutuhan pasca bencana sesuai dengan ketentuan;

2.Menjelaskan konsep dasar Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU-PASNA);

3.Menjelaskan tahap pengaktifkan pengkajian kebutuhan pasca bencana;

4.Membentuk tim kerja persiapan pengkajian kebutuhan pasca bencana;

5.Menyusun pengumpulan data pengkajian kebutuhan pasca bencana;

6.Membuat analisa data pengkajian kebutuhan pasca bencana;

7.Menyusun laporan pengkajian kebutuhan pasca bencana.