SIRNOBOYO DESA TANGGUH BENCANA

Gempa dan Tsunami merupakan salah satu ancaman bencana yang berpotensi terjadi di Kabupaten Pacitan termasuk Desa Sirnoboyo yang masuk dalam zona merah Tsunami di Kecamatan Pacitan. Dari 11 macam ancaman bencana Desa Sirnoboyo menghadapi 3 ancaman bencana, salah satunya Banjir. Kepala Desa Sirnoboyo Arifin, S.E menuturkan, tiap tahun Desa Sirnoboyo selalu menjadi langganan banjir di kala musim hujan. Dilihat dari letak geografis Desa Sirnoboyo mayoritas berada di ketinggian 4 meter di atas permukaan laut, Di lewati oleh dua sungai yaitu Sungai Grindulu dan Sungai Jelok. Pemerintah desa dan masyarakat tiap tahun terus berupaya menangulangi bencana tersebut, hingga masyarakat mulai terbiasa akan bencana tersebut.

Pada tahun 2012 Pemerintah Desa Sirnoboyo bersama BPBD Kabupaten Pacitan membentuk Desa Sirnoboyo menjadi Desa Tangguh Bencana, dibentuknya relawan desa dan melaksanakan Gladi Lapang Ancaman Gempa dan Tsunami menjadi titik awal Sirnoboyo Desa Tangguh Bencana. Pada 30 Agustus 2017 ini Desa Sirnoboyo mengikuti Lomba Desa Tingkat Utama Provinsi Jawa Timur, lomba yang di hadiri langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur, Drs. Ec. Sudarmawan, MM berserta Tim Penilai Lomba Desa Tangguh Bencana. Bertempat di Sekretariat Pengurangan Risiko Bencana Desa Sirnoboyo beberapa sektor penting menjadi bahan penilaian oleh Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Timur, Pinky Hidayati, M.Psi.

Penampilan Rontek dan Tarian dari putra putri Desa Sirnoboyo menyambut kedatangan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Drs. Ec. Sudarmawan dan Bupati Pacitan, Indartato  beserta Luki Indartato. Acara dimeriahkan oleh Bazar Produk Ketahanan Ekonomi Masyarakat Desa Sirnoboyo serta Lomba Mewarnai, Lomba Beberan Simulasi, dan Lomba Menyanyi bertemakan kebencanaan. Di lokasi jembatan JLS diadakan juga Gladi Lapang Bencana Banjir yang diikuti oleh warga Dusun Krajan Desa Sirnoboyo.

Bupati Indartato menyampaikan dalam upaya pengurangan risiko bencana semua masyarakat terlibat, karena tingginya ancaman bencana yang terjadi di Kabupaten Pacitan. Beliau juga mengimbau untuk mendukung segala upaya yang berkaitan dengan pengurangan risiko bencana, harapannya Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha dapat bersinergi dalam penanggulangan bencana.