SLB YKK Pacitan Siap Terapkan SMAB di Lingkungan Sekolah

Sekolah /Madrasah Aman Bencana (SMAB) merupakan salah satu upaya mitigasi yang wajib dimiliki oleh seluruh sekolah yang ada di indonesia. Mengingat indonesia mempunyai beragam potensi bencana. Tidak terkecuali kabupaten pacitan yang secara geografis, ada 27 desa berada di daerah pesisir dan juga pusat pemerintahan, pusat pendidikan maupun layanan publik terletak berdekatan langsung dengan teluk pacitan yang mempunyai potensi ancaman bencana gempa bumi maupun tsunami.

Kali ini (23-25/10/19) SLB YKK Pacitan berkesempatan untuk mendapat pendidikan kebencanaan pertama kalinya melalui SMAB yang di adakan oleh BPBD Provinsi Jawa Timur bersama BPBD Pacitan. Hal ini dilakukan karena anak-anak berkebutuhan khusus juga mempunyai hak mendapatkan pendidikan kebencanaan seperti sekolah pada umumnya guna menambah pengetahuan siswa/siswi maupun guru dan karyawan sekolah sehingga dapat menyelamatkan diri jika terjadi bencana disekolah. Mengingat jika saat jam sekolah siswa/siswi merupakan tanggung jawab dari pihak sekolah.

Kegiatan yang diadakan selama 3 hari ini mendapatkan antusias yang sangat luar biasa dari siswa/siswi, guru, wali murid maupun relawan mulai dari berinteraksi dengan siswa/siswi dengan media bernyanyi, mengenalkan tas siaga, memberitahu tentang tips penyelamatan jika terjadi gempa, berdiskusi serta mengajak menggambar jalur evakuasi dan yang terakhir yaitu simulasi apabila terjadi bencana gempa bumi dan tsunami.
Kegiatan ini juga mendapat tanggaan positif dari guru maupun wali murid yang ada di SLB YKK Pacitan dan siap menerapkan serta melanjutkan SMAB yang sudah di berikan di lingkungan sekolah.

#salamtangguh💪
#budayasadarbencana
#siapuntukselamat💪
#sekolahamanbencana
#saveanakindonesia
#anakindonesiatangguhbencana