SMKN 2 PACITAN SIAP DAN SIAGA

PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan hadir dalam kegiatan “Kemah Besar Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2017” yang dilaksanakan pada jum’at, 15 September 2017. BPBD hadir sebagai pengisi materi mengenai penanggulangan bencana di Gedung Serba Guna SMK Negeri 2 Pacitan. Hadir sebagai pengisi materi adalah Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pacitan, Diannita Agustinawati dan Fasilitator Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana (SMAB), Diana Rendrarini.

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Diannita Agustinawati pada kegiatan ini, menyampaikan mengenai peranan BPBD dalam pengurangan risiko bencana di wilayah Kabupaten Pacitan. Sedangkan Fasilitator Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana (SMAB), Diana Rendrarini menyampaikan mengenai bencana gempa bumi dan tsunami beserta mitigasinya. Dalam kegiatan ini tidak hanya pemberian materi terdapat juga gladi lapang bencana gempa bumi, diawali dengan pembunyian sirine dari Kantor BPBD Pacitan. Setelah sirine berbunyi disusul dengan semua siswa dan guru  berlari menuju halaman sekolah sebagai tempat evakuasi sementara (TES). Kegiatan “Kemah Besar Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2017” diikuti kurang lebih 450 siswa SMK Negeri 2 Pacitan.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan “Kemah Besar Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2017” yang dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 17 September 2017 di Gedung Serba Guna SMK Negeri 2 Pacitan. Diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran akan bencana beserta mitigasinya bahwa bencana dapat datang sewaktu-waktu.