SOSIALISASI DAN SIMULASI TANGGAP BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI BPBD PACITAN DI MIN SIDOHARJO

PACITAN – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sidoharjo, Pacitan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana di MIN Sidoharjo Pacitan pada Rabu, 19 Juli 2017. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melengkapi kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) Baru Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi penanggulangan bencana khususnya tanggap bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami dengan pemateri yaitu Kepala seksi pencegahan dan kesiapsiagaan, Diannitta Agustinawati, SE. Sosialisasi diikuti oleh 40 murid MIN Sidoharjo yang terdiri dari kelas 5 dan kelas 6.

Kegiatan diakhiri dengan simulasi tanggap bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami. Disimulasikan bahwa awalnya telah terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami berdasarkan informasi dari pusat data informasi BPBD Pacitan yang informasi tersebut dilanjutkan ke MIN Sidoharjo. Pihak sekolah melanjutkan informasi ke warga sekolah dengan membunyikan sirine. Setelah sirine dibunyikan, semua warga sekolah berkumpul di Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang dilanjukan ke Tempat Evakuasi Akhir (TEA). Waktu yang dibutuhkan dari TES ke TEA sekitar 10 menit.

Diharapkan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana di MIN Sidoharjo dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana khususnya gempa bumi yang berpotensi tsunami.