Sosialisasi Mitigasi dan Survei Kebencanaan yang bertemakan ‘Building Resilience to Seismic Hazard in Indonesia’

PACITAN – Kamis (20 Juni 2019), BPBD Kabupaten Pacitan menerima kunjungan kerja dari BYU (Brigham Young University) USA yang bekerja sama dengan UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan yang bertemakan ‘Building Resilience to Seismic Hazard in Indonesia’ ini akan dipimpin langsung oleh Prof. Ron Harris (BYU)  dan Dr. C. Prasetyadi (UPNVY). Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 20-29 Juni 2019.

Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo yang didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Diannitta Agustinawati. Dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas kunjungan dan penelitian lanjutannya terhadap kebencanaan di Kabupaten Pacitan.  Sebelumnya Tim BYU yang berkerjasama dengan UPN Veteran pernah melakukan penelitian di Kabupaten Pacitan pada tahun 2016. Rombongan dalam kegiatan ini berjumlah 15 orang yang terdiri dari para ahli geologi dan mahasiswa.

Kegiatan yang akan dilakukan berupa Sosialisasi dan Pelatihan Investasi dengan ARC (Art For Resilience), Pengambilan video bongkahan batu di pantai dengan menggunakan drone dan pencarian endapan paleo tsunami. Selain itu tim juga akan melakukan kegiatan:

  1. Menempelkan Stiker 20 20 20 di berbagai jalur evakuasi. Agar  masyarakat tau dimana saja kita akan menyelamatkan diri masyarakat dan juga paham berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan evakuasi.
  2. Mencoba melakukan simulasi apabila terjadi gempa bumi. Dengan memasang instrumen penghantar getaran yang sudah disiapkan oleh tim yang akan diletakkan  di daerah datar atau lapangan sepak bola. Alat ini berfungsi untuk menguji daerah mana yang mempunyai potensi gempa paling besar (zonasi) dan menganalisa bangunan-bangunan yang ada di daerah zona merah apakah tahan gempa atau tidak.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat terutama berkaitan dengan  masalah kebencanaan.(nikmah/aditami)