SOSIALISASI TANGGAP BENCANA DALAM RANGKA RAPAT PLENO TP PKK DAN DWP KABUPATEN PACITAN

Ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana merupakan salah satu aspek yang harus selalu dicanangkan dari berbagai unsur masyarakat, mulai dari wanita, anak-anak, lansia, maupun disable. Mengingat, kabupaten Pacitan mempunyai potensi bencana yang sangat banyak, diantaranya, gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, kekeringan dll. Upaya mitigasi pun selalu di sosialisasikan diberbagai lembaga maupun kegiatan seperti yang dilakukan hari ini, senin (07/10/19) dalam Rapat Pleno Tim Penggerak PKK dan DWP Kabupaten Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan yang diikuti oleh 175 peserta dari TP PKK maupun DWP se Kabupaten Pacitan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Luki Indartato, yang dalam pidatonya menyampaikan pentingnya pengetahuan tentang kebencanaan bagi wanita atau ibu rumah tangga. Karena ibu rumah tangga merupakan ujung tombak dalam sebuah keluarga dan berperan penting demi terwujudnya keluarga yang sadar bencana. Selain itu juga narasumber dari BPBD Diannitta Agustinawarti selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan menyampaikan tentang berbagai potensi bencana yang ada di kabupaten Pacitan serta pentingnya menyiapkan tas siaga. Tim dari BPBD Kabupaten Pacitan juga menciptakan jingle “Tanggap Gempa” yang merupakan salinan dari lagu ” Salah Apa Aku” yang saat ini sedang viral di media “Tik Tok”. Dimana jingle ini menyampaikan pesan tentang tips penyelamatan apabila terjadi gempa bumi.

Harapan dari kegiatan ini , para peserta dari TP PKK maupun DWP Kab pacitan bisa turut menyebarluaskan ilmu yang didapat pada hari ini baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar. Sehingga dapat menambah nilai ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana serta dapat mengurangi adanya korban jiwa. PSDTN