WORKSHOP SEKOLAH LAUT KEPADA APARATUR MASYARAKAT

Sekolah Laut merupakan gerakan untuk mengurangi risiko bancana dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta pelaku kebencanaan di wilayah-wilayah yang berada di pesisir pantai. Sebagai rangkaian dari Kegiatan Sekolah Laut, BPBD Kabupaten Pacitan menggelar Workshop Sosialisasi Sekolah Laut Kepada Aparatur Masyarakat pada hari Rabu, 20 September 2016. Workshop dibuka oleh Asisten I Bupati, dr. Eko Boediono dan diikuti oleh 50 peserta dari masyarakat, komunitas pesisir laut, aparatur desa pesisir di wilayah Kabupaten Pacitan, dan unsur OPD terkait.

Workshop Sosialisasi Sekolah Laut ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada aparatur dan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan pesisir dan lautan serta sumber daya alam sekitarnya sebagai bagian kesatuan Daerah Aliran Sungai. Selain itu juga bertujuan membentuk komitmen dari aparatur dan masyarakat agar mendukung upaya pengelolaan pesisir dan lautan sebagai bagian dari Daerah Aliran Sungai di sekitarnya.

Workshop ini dihadiri empat narasumber yang memberikan materi sosialisasi yakni  Kepala UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Ninik Setyorini, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Kelautan Bambang Mahendra, Fasilitator Lokal Kabupaten Pacitan sekaligus Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ratna Budiono, dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tri Mudjiharto.

Diharapkan Kegiatan Workshop Sekolah Laut kepada aparatur masyarakat dapat terbentuknya komitmen dari aparatur dan masyarakat agar mendukung upaya pengelolaan pesisir dan lautan dan sumber daya alam disekitar pesisir laut di daerahnya.