BPBD Ajak Santri Pondok Al-Istiqomah Siaga Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan bersama Pondok Pesantren Al Istiqomah menggelar sosialisasi Bencana, Jumat (8/10/2021).

Sikap siaga dan waspada perlu dimiliki oleh setiap warga, termasuk santri. Karena bencana bisa terjadi kapan saja.  Pencegahan bencana berbasis pemberdayaan santri dinilai perlu dilakukan. Dalam sosialisasi ini, ada beberapa materi yang disampaikan kepada santri seperti Tips Penyelamatan Gempa, Tas Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat. Dengan mengajak rekan-rekan dari pondok pesantren diharapkan dapat membentuk santri siaga bencana, santri dapat memiliki kemampuan untuk memitigasi dan dapat menyalurkannya ke masyarakat luas terutama keluarganya karena tidak menutup kemungkinan pada pondok pesantren pun dapat terjadi bencana. Hal ini juga dimaksudkan dengan pelatihan mitigasi sedini, akan memperkecil dampak yang terjadi, serta pelatihan ini dapat mengaktivasi masyarakat yang sadar bencana terutama yang berada di daerah rawan bencana.

Bila para santri sudah paham mengenai penanggulangan bencana, maka penanganan bencana dapat dilakukan dengan lebih baik dan dampak buruk dari bencana dapat diminimalisir