BPBD Pacitan Bekali Mahasiswa KKN STKIP PGRI Terkait Kebencanaan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan memberikan pembekalan kepada mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 33 STKIP PGRI Kabupaten Pacitan yang berlangsung di auditorium kampus. (26/1)

Kegiatan KKN tersebut diikuti oleh 127 mahasiswa yang akan disebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pacitan. Urip Tisngati selaku Ketua II STKIP PGRI Pacitan mengatakan KKN angkatan 33 merupakan proses belajar materi baru termasuk materi kebencanaan yang tidak diperoleh melalui pengalaman di kampus.

“Dengan demikian setelah selesai kegiatan KKN mahasiswa memiliki pengetahuan baru, kemampuan baru dan kesadaran baru sebagai bekal mengabdi kepada masyarakat,” terangnya

Dikarenakan Pacitan memiliki potensi bencana yang beragam, koordinasi dan kolaborasi diperlukan tidak saja pada saat dan setelah terjadi bencana tetapi juga pada langkah-langkah antisipasi. Antisipasi bencana yang dilakukan dengan penerapan sistem peringatan dini, penguatan masyarakat, dan literasi kebencanaan.

Oleh karenanya, paradigma tentang kebencanaan harus dipahami secara kolektif bahwa “Bencana Urusan Bersama’. Partisipasi aktif dari kelima unsur Pentahelix yaitu pemerintah, akademisi, industri, komunitas, dan media pun menjadi faktor kunci terkait dengan manajemen bencana.

Mengusung tema “Edukasi Tanggap Bencana dan Pencegahan Stunting untuk Masyarakat Tangguh” mahasiswa diharapkan mampu menjadi kader bencana di lingkungannya serta upaya mitigasinya.