LOUNCHING PEMUKULAN KENTHONGAN SERENTAK SEBAGAI ALAT PERINGATAN DINI BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Kabupaten Pacitan memiliki kondisi geografis berupa pegunungan dan dataran rendah yang menghadap ke Samudera Hindia. Saat musim penghujan di bagian pegunungannya memiliki ancaman tanah longsor sedangkan dataran rendahnya memiliki ancaman banjir. Di sepanjang pesisirnya memiliki ancaman bencana Tsunami yang dipicu gempa bumi. Untuk mengurangi resiko bencana masyarakat harus memiliki kapasitas untuk menyelamatkan diri, salah satunya dengan kearifan lokal kentongan yang ada sejak zaman nenek moyang.

Untuk memperingati bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang jatuh pada tanggal 26 Oktober akan dilakukan pemukulan kentongan serentak di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Pacitan. Tujuan kegiatannya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam Menghadapi ancaman bencana tanah longsor, banjir, gempa bumi dan tsunami, Mensosialisasikan penggunaan kentongan sebagai peringatan dini berbasis kearifan lokal dan Membudayakan kembali kentongan sebagai tanda bahaya.

Peserta kegiatan ini adalah Instansi Vertikal, Unit Teknis, Lurah, Kepala Desa dan Fasilitas umum lainnya serta masyarakat yang dipimpin langsung oleh Bupati Pacitan pada pukul 08.59 WIB selama 1 menit. Diharapkan dari kegiatan ini nantinya dapat meningkatkan penggunaan kearifan lokal untuk mengurangi risiko bencana sekaligus sebagai ajang latihan menghadapi ancaman bencana yang sewaktu waktu datang.

#DaerahPunyaAksi
#salamtangguh
#bulanprb
#kenalibahayanyakurangirisikonya
#siapuntukselamat