LOUNCHING PEMUKULAN KENTONGAN SERENTAK DAN PENANAMAN BIBIT PANDAN LAUT BERSAMA BUPATI PACITAN DI PANCER DOOR

Kabupaten Pacitan memiliki kondisi geografis berupa pegunungan dan dataran rendah yang menghadap ke Samudera Hindia. Saat musim penghujan di bagian pegunungannya memiliki ancaman tanah longsor sedangkan dataran rendahnya memiliki ancaman banjir. Di sepanjang pesisirnya memiliki ancaman bencana Tsunami yang dipicu gempa bumi. Untuk mengurangi resiko bencana masyarakat harus memiliki kapasitas untuk menyelamatkan diri, salah satunya dengan menggunakan alat komunikasi sederhana yang sering kita sebut dengan nama kentongan sebagai alat peringatan dini yang ada sejak zaman nenek moyang.

Kegiatan ini meupakan rangkaian kegiatan memperingati bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang jatuh pada tanggal 26 Oktober. Yaitu dengan dilakukan pemukulan kentongan serentak di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Pacitan. Tujuan kegiatannya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di daerah masing-masing.

Bupati Pacitan beserta jajaran Forkompinda memimpin pemukulan kentongan serentak di Pantai Pancer Door dan di ikuti oleh seluruh masyarakat pada pukul 08.59 selama 1 menit di wilayah masing-masing . Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya isu kebencanaan utamanya tentang isu akan terjadinya gempa tsunami dan juga release BMKG tentang fenomena La Nina.
Pemukulan kentongan merupakan bentuk latihan kesiapsiagaan sehingga masyarakat tidak perlu cemas namun selalu waspada terhadap ancaman bencana serta upaya membudayakan kembali penggunaan kentongan sebagai peringatan dini atau tanda bahaya. Launching pemukalan kentongan serentak juga ditandai dengan penanaman 5000 bibit tanaman pandan laut di area pinggir pantai sebagai bentuk mitigasi bencana non struktural dari ancaman gelombang besar maupun tsunami.