Mosipena Goes To School

Tim Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) Jatim sambangi tiga sekolah di Kabupaten Pacitan. Tiga sekolah tersebut, MIN 3 Pacitan, MI Al-Huda dan Pondok Pesantren Al-Istiqomah, Jumat 15 Oktober 2021.

Tim Mosipena dalam kegiatan kali ini lebih terfokus pada pengenalan unit kendaraan yang dilengkapi dengan sarana edukasi perpustakaan keliling dan videotron. Siswa juga di putarkan video edukasi terkait bencana gempa bumi & tsunami.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa siswi seputar bencana khususnya bencana yang ada di kabupaten Pacitan, sehingga bisa lebih paham lagi mengenai cara menyelamatkan diri saat terjadinya bencana.

Kegiatan Mosipena Goes To School ini juga di sambut baik dari pihak sekolah. Siswa juga terlihat antusias saat diberikan pertanyaan.

“Kegiatan ini kita kerja sama dengan BPBD Provinsi Jatim, kebetulan Mosipena ini hanya ada satu di Indonesia dan dimiliki oleh BPBD Provinsi Jatim. Kita berharap adik-adik ini bisa memahami bagaimana gambaran saat terjadi bencana, setidaknya bahaya yang mengancam saat berada di lingkungan sekolah dan upaya mitigasinya,”terang Diannitta Agustinawati Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

Menurutnya, dalam waktu yang sangat terbatas, banyak kesan dan keinginan yang di sampaikan dari pihak sekolah. Mereka ingin kehadiran unit Mosipena dapat lebih lama berada di lingkungan sekolah untuk waktu mendatang.