Peringatan Bulan PRB 2021 di Kota Ambon

Rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) 2021 di mulai 19 Oktober 2021 di Kota Ambon. Kegiatan ini diisi berbagai macam diskusi menarik terkait penanggulangan bencana pada saat pandemi Covid-19.

Lilik Kurniawan dalam sambutannya mengatakan, Kota Ambon terpilih sebagai tuan rumah dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya adalah kesiapan dan dukungan Pemerintah Daerah yang sangat baik, tingkat risiko bencana tsunami, gempabumi, tanah longsor dan banjir bandang yang tinggi di Kota Ambon.

Penyelenggaran peringatan Bulan PRB bertujuan untuk mengajak semua pihak dalam unsur pentaheliks berkolaborasi melakukan upaya pengurangan risiko sebelum terjadi bencana.

Bencana bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua wilayahnya memiliki ancaman bencana. Bebas dari ancaman gempa bumi, belum tentu aman dari banjir. Aman dari longsor bisa jadi terdapat ancaman kekeringan.

Dalam penanggulangan bencana, bukan hanya saat darurat saja. Namun saat pra dan pasca bencana juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Mari bangun kesadaran dan pengetahuan potensi risiko bencana di sekitar kita untuk memperkuat ketangguhan bangsa dalam menghadapi bencana. Salam tangguh!!