PLTU Pacitan Gandeng BPBD Gelar Simulasi Hadapi Gempa dan Tsunami

PT PJB UBJOM PLTU Pacitan merupakan salah satu objek vital nasional yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro. Instansi yang memiliki ratusan karyawan ini secara geografis terletak tepat di pesisir pantai selatan Pacitan yang mempunyai potensi ancaman tsunami.

Dengan maraknya berita tentang isu tsunami  20 meter saat ini, membuat was-was terhadap keselamatan karyawan apabila itu benar terjadi. Maka dari itu, pihak PLTU mengundang BPBD Kabupaten Pacitan untuk mengadakan kegiatan Simulasi Tanggap Darurat Gempa Bumi & Tsunami.  Kegiatan ini bukanlah kali pertama yang di lakukan BPBD Kabupaten Pacitan di PLTU Pacitan , namun antusias para karyawan sangat luar biasa walaupun di masa pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Simulasi itu difokuskan pada penanganan dan penyelamatan saat terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami.

Seperti diketahui, Kabupaten Pacitan merupakan daerah rawan bencana. Ini karena posisi geografisnya berada di bibir Samudera Hindia dengan panjang pantai 71 kilometer. Selain rawan gempa dan tsunami, wilayah berjuluk Kota 1001 Goa juga sering dilanda banjir dan longsor. (psdtn)