Potensi Tsunami Megatrust, GKJW Pacitan Gelar Sosialisasi

Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Pacitan menggelar Sosialisasi Potensi Bencana Megathrust Selatan Jawa, hari ini (19/9) bertempat di GKJW Jemaat Pacitan.

Menurut Rahardian sosialisasi dengan melibatkan pihak bersangkutan di bidangnya perlu terus digalakkan, guna meningkatkan pemahaman tentang kebencanan terutama Gempa Bumi & Tsunami, sehingga dapat menghilangkan rasa keresahan dan takut akan pemberitaan akhir-akhir ini.

Sedangkan Kasi Pencegahan & Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannitta Agustinawati saat bersosialisasi di Gereja Jawi Wetan, lebih menekankan pada hal-hal praktis saat bencana gempa bumi & tsunami agar mudah dimengerti oleh jemaat. “Kami lebih banyak menyampaikan hal hal praktis di banding dengan teori bertele-tele, sehingga jemaat lebih mudah mengerti dan memahaminya serta tidak panik,” kata Diannitta.

Sayangnya literasi yang minim, komunikasi sains yang buntu membuat potensi tsunami itu menjadi ketakutan bukan kesadaran untuk meningkatkan kesiapsiagaan diri serta memperkuat mitigasi bencana. Meskipun kajian ilmiah mampu menentukan potensi magnitudo maksimum gempa megathrust dan skenario terburuk, akan tetapi hingga saat ini teknologi belum mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan dan di mana gempa akan terjadi. Masyarakat diharapkan terus meningkatkan kemampuannya dalam memahami cara selamat saat terjadi gempa dan tsunami.