Sarasehan Potensi Megathrust Selatan Jawa, MDMC Gandeng BPBD Pacitan

Masyarakat kembali panik dan heboh dengan adanya pemberitaan terkait Peta Resiko Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Selatan Jawa di zona megathrust kemarin (11/09), MDMC bersama BPBD menggelar Sarasehan Forum Pengurangan Resiko Bencana bertempat di Gedung Dakwah Muhamadiyah. Dalam acara tersebut turut hadir beberapa komunitas dan relawan seperti MDMC, Senkom, Karang Taruna, KNPI, Sar MTA, LPBNU, Rapi, Orari, Saka Bahari, Relawan Sego Berkat dll.

Informasi potensi gempa kuat di zona megathrust memang rentan memicu keresahan akibat salah pengertian. Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa zona megathrust selatan Jawa memang aktif yang tampak dalam peta aktivitas kegempaannya. Kenyataan ini mendorong untuk mempersiapkan diri, keluarga, dan komunitas di sekitar kita “Peran relawan sangat penting sekali sehingga bisa menjadi sinergitas dalam hal penanggulangan bencana” kata Diannitta Agustinawati Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan. Peran relawan vital dalam setiap aksi penanggulangan bencana alam dan bencana sosial di Indonesia, baik tahap kesiapsiagaan maupun layanan saat dan pascabencana. Upaya yang pasti di lakukan adalah mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah kongkrit untuk meminimalkan risiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa.

Lebih lanjut Kalaksa BPBD juga mengajak seluruh masyarakat dan berbagai pihak untuk menyikapi segala kemungkinan dengan bijak dan waspada.