Sosialisasi Bencana Di Puskesmas Bubakan

UPT Puskesmas Bubakan Tulakan selaku unit pelaksana teknis yang langsung berhubungan dengan pelayanan masyarakat harus selalu memperhatikan aspek pengurangan resiko bencana dalam pengelolaan operasionalnya. Puskesmas harus selalu berupaya untuk melindungi baik pegawai, pasien ataupun pengunjung dari resiko bencana yang mungkin terjadi.

Guna mendukung upaya tersebut, Puskesmas Bubakan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Pacitan melaksanakan Sosialisasi Mitigasi Bencana dan Simulasi Bencana Gempa Bumi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai dan dokter yang ada di puskesmas tersebut.  Dari sosialisasi ini diharapkan semua pegawai memahami karakteristik bencana, upaya mitigasi dan cara penyelamatan diri saat bencana benar-benar terjadi. Selain mampu melindungi diri, diharapkan dengan bekal pengetahuan yang benar, pegawai puskesmas dapat menolong pengunjung saat terjadi kondisi darurat.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2021. Pada acara ini disampaikan mengenai bencana gempa bumi yang mungkin berpotensi di sekitar wilayah puskesmas. Setelah dilakukan evaluasi, Puskesmas perlu membentuk satgas siaga bencana, agar apabila bencana benar-benar terjadi, ada personil atau tim yang bertanggung jawab dalam evakuasi korban, penyelamatan dokumen, penyelamatan alat medis. Dengan adanya hal tersebut diharapkan keadaan akan lebih terkendali saat bencana benar-benar terjadi.