Ukur IRB, BPBD Jatim Gelar IKD 38 Kabupaten/Kota

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim kembali memfasilitasi penilaian Indeks Kapasitas/Ketahanan Daerah (IKD) di 38 Kabupaten/Kota se Jatim. Selama tiga hari, sejak Senin (15/11) sampai Rabu (17/11) bertempat di Hotel Aria Gajayana Malang. Kegiatan ini dibuka oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Gatot Soebroto.

“Selama ini kerja sama kita sudah baik, baik di kabupaten kota maupun opd terkait kebencanaan. Ini terbukti dari menurunnya Indeks Resiko Bencana Provinsi” terang Gatot dalam sambutannya.

Ia berharap kerjasama dan peran aktif dari semua pihak di kabupaten atau kota semakin solid sehingga bisa terus menurunkan Indeks Resiko Bencana yang ada di Jawa Timur.

Penilaian IKD saat ini menjadi bagian penting yang harus dikuasai oleh masing-masing daerah. Sebab, keberadaan IKD akan berpengaruh terhadap Indeks Risiko Bencana masing-masing daerah.

Sebagaimana diketahui, IKD ini dihadiri oleh Kasi Pencegahan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy yang juga selalu ketua panitia penyelenggara. Sejumlah fasilitator tingkat daerah maupun nasional, diantaranya Eko Yudha, Diana Rendrarini, Indar Siswoyo, Kresna Adhi dan Sunandar Prihanto.